Kode CVV BRI

92

Kode CVV adalah kode pengaman transaksi. Meski terpampang jelas pada bagian belakang kartu debit dan kredit, CVV adalah nomor digit yang bersifat sangat rahasia. Jangan sekalipun memberikan nomor CVV kartu debit maupun kredit kepada orang lain, hal ini demi menghindari penyalahgunaan nomor CVV atau CVC.

Kode  CVV BRI dengan 3 atau 4 digit kode terletak pada bagian belakang kartu debit/kredit atau berada di samping tanda tangan pemilik kartu.

Agar lebih mudah mengetahui dimana letak kode keamanan CVV maka perlu juga mengetahui bagian-bagian dari kartu kredit/debit BRI.

 

Pada bagian depan kartu kredit/debit BRI terdapat logo Bank BRI, Chip, 16 digit nomor kartu kredt/debit, masa berlaku kartu, nama dari pemilik kartu, dan jenis kartu (Visa/Mastercard)

Sementara pada bagian belakang kartu terdapat Pita magnetik, Panel tanda tangan, kode CVV, alamat bank penerbit, logo cirrus, dan hologram.

Perlu diketahui bahwa tidak semua kartu kredit/debit yang mempunyai kode keamanan CVV, hanya kartu dengan logo VISA dan Mastercard saja.

Catatan: Demi keamanan bertransaksi Anda, jagalah kerahasiaan nomor kartu Anda, termasuk nomor CVV pada kartu ATM Anda.

 

Meski kode keamanan CVV BRI melekat pada kartu kredit atau debit Anda, sebaiknya kode hanya boleh diketahui oleh pemilik. Pihak BRI tidak pernah meminta kode CVV nasabah.

Jadi, misalkan Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit atau kartu debit dan kemudian bermasalah, jangan pernah berikan kode CVV. Customer service BRI tidak akan menawarkan solusi dengan meminta Anda menyebutkan kode keamanan, apa pun itu, baik CVV maupun PIN. Oleh karenanya, pastikan Anda menghubungi customer service resmi yang disediakan pihak BRI.

Begitu juga saat melakukan transaksi online. Usahakan hanya bertransaksi di website atau eCommerce tepercaya yang memang sudah terbukti reputasinya. Ada baiknya juga untuk menghindari jaringan internet umum (Wi-Fi umum) saat Anda melakukan transaksi yang membutuhkan kode keamanan CVV. Sebab, hal tersebut sangat berisiko dan rentan terhadap serangan keamanan.